Cegah Infertilitas Dengan Sunat

Betul, Pa. Menurut Dr. Paul Turek, ahli kesehatan pria dari Turek Clinic California, seperti dikutip kompas.com (22/02) dari Mail, sunat dapat menurunkan Daily risiko lelaki dewasa tertular PMS (penyakit menular seksual), semisal HIV (Human Immunodeficiency Virus), herpes, atau HPV (Human Papilloma Virus). “Data penelitian itu tak terbantahkan, bersumber dari tiga percobaan yang disponsori pemerintah AS di tiga lokasi,” kata Dr. Turek.

Baca juga : kerja di Jerman

Selain itu, sunat juga terbukti menurunkan kanker penis, disamping berpengaruh pula terhadap kesuburan. Papa pasti sudah tahu apa itu sunat. Yup! Sunat adalah suatu tindakan pembedahan untuk membuang kulit penutup glans penis (kepala/ujung penis) atau preputium (sering juga disebut kulup). Selain wajib dilakukan oleh mereka yang beragama Islam sesuai aturan agamanya, secara medis pun, sunat memang menunjukkan banyak manfaat. Hal ini diakui dr. Ramzi Asrial, SpB(K)V. “Yang paling nyata dan kerap dijumpai dokter spesialis bedah di lapangan adalah kanker penis.

Di daerah–daerah dimana banyak pasien laki-laki tidak disunat, angka kanker penis terbilang tinggi,” paparnya. Para ahli percaya, kanker penis itu seperti kanker serviks yang disebabkan oleh HPV (human papilloma virus). HPV merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan adanya virus yang menginfeksi alat kelamin. Nah, lantaran sunat mengurangi penularan HPV, para ahli yakin, sunat juga mengurangi risiko kanker penis. Hal ini karena, menurut dr. Ramzi, sunat dapat menjaga kebersihan organ kelamin lelaki dari perlengketan bahan prakanker, seperti smegma (kotoran yang menumpuk di bagian dalam kulup) dan kuman.

MENGGANGGU PEMBUAHAN Indikasi medis sunat yang lain adalah fimosis, yakni kesulitan buang air kecil lantaran kulup terlalu sempit. Hal ini terjadi karena muara saluran kulup yang terlalu kecil sehingga sering menimbulkan kulup tidak bisa ditarik. Kemudian, saat berkemih terlihat ujung penis akan membengkak. Fimosis jelas akan menghalangi proses membuahi. Pasalnya, kondisi ini membuat pancaran sperma terhalang oleh kulup, sehingga kehamilan yang diharapkan pun tak kunjung datang. Itulah mengapa, kondisi fimosis memerlukan tindakan sunat segera.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

This entry was posted in Parenting. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.