Flagship Terbaru AMD yang Rakus Daya tanpa dilengkapi NET89

Flagship Terbaru AMD yang Rakus Daya tanpa dilengkapi NET89. AMD tergolong cukup lama dalam mengeluarkan penerus seri flagshipnya. Setelah hampir setahun mengandalkan FX 8350 sebagai “raja”­nya, AMD merilis FX 9590 sebagai penerus. Diklaim sebagai prosesor pertama yang menyentuh frekuensi 5 GHz, FX 9590 datang sebagai harapan AMD bertarung di kelas enthusiast melawan prosesor Intel yang sudah cukup mapan. Prosesor ini mendukung socket AM3+ yang tergolong lawas.

Walau begitu, hanya motherboard kelas atas yang dapat dipasangkan dengan prosesor ini. Dan seperti seri FX lainnya, prosesor ini tidak menyediakan solusi grafis terintegrasi, sehingga penggunanya diharuskan membeli kartu grafis terpisah. Dari segi teknologi yang diusung, prosesor ini masih menggunakan teknologi Piledrive seperti yang ada di FX 8350. Perbedaan yang mencolok ada di core clock dan TDP. Demi mencapai core clock setinggi itu, FX 9590 membutuhkan daya hingga 220 W. Ini tergolong sangat besar, mengingat flagship terbaru Intel “hanya” membutuhkan 130 W.

Ketika diuji coba dengan motherboard ASRock 990FX Killer, grafis MSI R9 270 dan SSD Kingston HyperX 3K 128 GB, prosesor ini menunjukkan performa yang tidak begitu istimewa. FX 9590 belum mampu memperbaiki kekurangan pendahulunya di performa single thread. Hal ini terlihat pada benchmark sintesis Cinebench. Ketika dijalankan pada mode single thread, skor yang didapat FX 9590 hanya 1,23.

Skor ini masih lebih rendah daripada yang ditorehkan oleh Intel Core i3 4130 (1,46). Namun, ketika semua core bekerja, FX 9590 mampu membukukan skor 7,08. Hal yang serupa juga terlihat di percobaan kompresi dengan WinRAR. Ketika mode single thread, kompresi memakan waktu 153 detik. Sedangkan dengan seluruh thread, kompresi hanya membutuhkan waktu 56 detik.

Secara keseluruhan, FX 9590 mampu menyajikan performa yang baik ketika seluruh core­nya aktif. Demi performa maksimal, penggunaan cooling non­stock sangat disarankan, mengingat clock 5 GHz hanya dapat dicapai jika suhu tidak terlalu tinggi. Dalam versi retail, prosesor ini menyerta kan watercooling, namun demo unit yang CHIP terima datang tanpa watercooling.

This entry was posted in Tech. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *