Lembutnya Klapertart Berpadu Kurma ala Catering Jakarta Barat

Lembutnya Klapertart Berpadu Kurma ala Catering Jakarta Barat

Klapertart buatan Lolo Lindiana Grace sangatlah unik. Ia memanfaatkan buah kurma sebagai bahan utamanya. Ide ini ia temukan jelang Ramadan, yang identik dengan banyaknya kurma di mana-mana. Untuk itu, Lolo membuat klapertart kurma sebagai alternatif menu takjil atau berbuka. “Ramadan, kan, identik dengan kurma. Nah, selain kolak atau es campur, saya buat akternatif takjil klapertart kurma yang mengandung gizi baik karena mengandung susu plus kelapa muda,” papar Lolo yang memilih kurma berdaging tebal agar ketika digigit tak terasa keras.

Pada dasarnya, Lolo menjadikan kurma sebagai toping pada klapertartnya. Namun ada saja pelanggan yang minta kurmanya dimasukkan ke dalam adonan klapertartnya. “Penggunaan kurmanya saya perhitungkan betul. Kalau kurmanya terlalu banyak, bisa merusak cita rasa asli klapertartnya.”

Klapertart kurma panggang buatan Lolo terasa lembut di mulut karena Lolo menggunakan susu yang cukup dominan. Untuk menciptakan klapertart yang lembut, lanjutnya, terletak pada proses memanggangnya, yang harus menggunakan suhu panas konstan. “Penggunaan suhu yang konstan membuat adonan matang sempurna dan tidak pecah,” kata Lolo seraya menyarankan, klapertartnya lebih sedap disantap dalam keadaan dingin.

Tersedia 4 varian klapertart, yakni vanilla, durian, coconut, dan kayu manis. varian kurma termasuk menu khusus pesanan. Harganya Rp 15 ribu- Rp 150 ribu untuk 3 ukuran, yakni di dalam cup, loyang oval diameter 7 cm, dan loyang kotak ukuran 20×20 cm. Dalam sehari, Lolo rata-rata memproduksi 300 cup klapertart. Bila mendekati hari-hari besar, seperti Imlek, Lebaran, atau Natal, ia bisa membuat 500 cup per hari. “Saya juga terima pesanan untuk acara pernikahan, dengan minimal order 1.000 cup,” ujarnya.

Suzana Klappertaart

Siapa bilang klapertart hanya disukai orang- orang tua saja? Kini, klapertart sudah sangat akrab di lidah anak muda. Aldo Zandi dan Caine Aurilia termasuk berhasil membuat klapertart dengan tampilan masa kini yang disukai anak-anak muda seusia mereka. Aldo yang membuat resep dan meramu adonan klapertartnya, memberikan sentuhan akhir pada toping yang sangat kekinian. Selain varian original, ia juga membuat klapertart bertoping Oreo, cokelat meises, parutan keju, cokelat keju, Silverqueen, Ovomaltine, Nutella, Nutella Cheese, hingga KitKat.

This entry was posted in Resep. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *