Tim Sepak Bola Thailand Dilarang Gunakan Ponsel Pintar

JAKARTA — Asosiasi Sepak Bola Thailand melarang pemain tim nasionalnya menggunakan telepon seluler pintar setelah mereka melakoni setiap laga di Asian Games 2018. Manajer timnas Thailand, Worapoj Yasadatt, mengatakan langkah tersebut dilakukan untuk mencegah pengalihan konsentrasi para pemain. “Kami akan menutup segala situasi yang bisa menghilangkan konsentrasi para pemain kami atau menghalangi mereka mendapatkan istirahat yang cukup,” ujar Worapoj, seperti dikutip The Nation, Selasa lalu. Worapoj mengatakan para pemainnya sudah sepakat dengan peraturan tersebut. Para pemain akan menyerahkan ponsel masing-masing setelah bertanding di perhelatan empat tahunan tersebut. “Karena sudah profesional, mereka rela membiarkan kami mengurus ponsel pintar mereka,” ujar Worapoj. Selain itu, kata Worapoj, para pemain sudah menyadari bahwa sebagai pemain memang harus menjaga jarak dengan ponsel masing-masing.

Mereka pun paham bahwa mereka bisa kecanduan media sosial atau bermain game jika sedang membawa ponsel. Sebelumnya, Thailand sudah memilih 20 pemain yang akan berlaga pada cabang olahraga sepak bola di Asian Games 2018. Terdapat tiga pemain senior yang kini tengah berkiprah di Liga Jepang (J-League), yakni Chanathip Songkrasin, Teerasil Dangda, dan Teerathon Bunmathan. Sedangkan pemain sisanya berusia di bawah 23 tahun. Prestasi terbaik Thailand di Asian Games adalah menembus babak semifinal. Tercatat, Negeri Gajah Putih pernah berhasil menembus babak tersebut sebanyak tiga kali, yaitu pada Asian Games 1998 di Bangkok; 2002 di Busan, Korea Selatan; dan 2014 di Incheon, juga di Korea Selatan. Worapoj mengatakan, jalan Thailand untuk bisa menembus babak semifinal di perhelatan Asian Games mendatang tidak akan berjalan mudah.

Sebab, di babak fase penyisihan grup, mereka bakal berjumpa dengan kekuatan besar Asia, seperti Qatar, Uzbekistan, dan Bangladesh. Sekjen Komite Olimpiade Thailand, Charouck Arirachakaran, memprediksi Thailand akan mampu menyabet 17 medali emas di Asian Games mendatang. Adapun Asosiasi Jurnalis dan Fotografer Olahraga di Thailand memprediksi negaranya bakal mampu memboyong 20 medali emas. Dalam Asian Games 2014, Thailand mampu menempati peringkat keenam dengan total raihan 12 medali emas, 7 perak, dan 28 perunggu. Mereka menjadi negara dengan raihan prestasi terbaik bila dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lainnya.

This entry was posted in News. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *