Tips Tanam Pohon di Rumah Anda

JANGAN AsAL TANAm PohoN Menghadirkan pohon di muka rumah bisa membuat hunian Anda terlihat asri. Ruang dalam juga lebih sejuk karena ruang luar yang teduh. Tapi Anda tak bisa asal menanam pohon. Anda harus mencermati 3 catatan berikut agar pohon tumbuh dengan asri .

1. intensitas perawatan Menanam pohon berarti siap merawatnya. Anda harus meluangkan waktu untuk memupuk, menyirami, memotong dahan dan membersihkan daun berserakan. Bila tak ada waktu, sebaiknya dari awal Anda memilih jenis pohon yang minim perawatan. Anda bisa memilih pohon beranting seperti tabebuia, kamboja, atau pohon pule yang cenderung tak banyak menghasilkan sampah daun. Anda juga bisa menyewa jasa perawatan dari nusery. Biaya perawatan berkisar Rp 500 ribu – 1 juta untuk luasan 50 – 100m². Perawatan sudah mencakup, pemupukan, penyiraman, dan pemberantasan hama.

2. atur jarak ketika pohon mulai menjulang dan melebar, hati-hati dengan perakarannya, khususnya jenis akar tunggang. Jenis akar keras ini mampu merusak kontruksi bangunan di sekitarnya, mulai dari pagar, fondasi, dinding, lantai bahkan septic tank. Ciri-ciri pohon yang berakar tunggang adalah diameter yang mampu membesar dan juga meninggi. Contohnya mangga, flamboyan, trembesi dan beringin. Untuk menghindari kerusakan pada konstruksi bangunan, atur pula jarak pohon dengan dinding rumah maupun pagar. Atur jarak antara pohon dan dinding minimal 1,5 m atau lebih. Jadi untuk taman seluas 3 m x 3 m cukup 1 pohon saja.

3. Menanam atau Memindahkan Ada 2 cara yang dapat Anda lakukan saat menghadirkan pohon di rumah. Pertama, menanam dari kecil dan merawatnya hingga besar. Cara ini memang memakan waktu yang lama, namun jadi cara menyenangkan bagi Anda yang hobi berkebun. Pohon yang dihasilkan juga lebih indah karena pertumbuhan tajuk alami. Cara kedua adalah memindahkan pohon dewasa ke dalam taman. Dalam waktu satu hingga 2 bulan pohon akan terlihat kering dan mati karena proses adaptasi. Namun setelah itu, pohon akan kembali tumbuh. Agar adaptasi lebih cepat, gunakan obat penguat akar. Selain pepohonan pastikan juga di rumah anda tersedia genset. Genset bermanfaat sebagai sumber listrik cadangan bila mati lampu di rumah anda, pastikan membeli genset di supplier jual genset jakarta yang terpercaya

This entry was posted in News. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *